Rabu, 07 Desember 2016

Ulasan 1 - Principles of Operating System - Lecture 3

Pada minggu 9 di salah satu mata kuliah yaitu Sistem Operasi terdapat tugas untuk mengulas sebuah video yang berkaitan dengan teknologi informasi secara umum, khususnya Sistem Operasi. Tugas yang merupakan Ulasan 1 dikerjakan oleh Nadia Nur Annisa dan Pamela Kareen. Dalam menyelesaikan tugas tersebut, kami memilih salah satu video yang diunggah oleh akun Barbara Hecker pada tanggal 26 Sep 2011. Judul video tersebut adalah Principles of Operating System - Lecture 3 dengan durasi 69 menit 19 detik dan telah ditonton kurang lebih sebanyak 38.388 kali. Video ini menjelaskan tentang Struktur Sistem Operasi yang dilakukan dalam kelas Sistem Operasi di International Technological University (ITU). Adapun URL dari video ini:

Dalam video tersebut dijelaskan tentang Struktur Sistem Operasi. Tujuan dari pembelajaran yang diberikan di video tersebut adalah agar mahasiswa dapat memahami komponen pada sistem operasi dan manajemen yang diatur sistem operasi serta layanan pada sistem operasi. Selain itu agar mahasiswa mengetahui beberapa struktur sistem operasi. Namun dalam pembahasanya ada beberapa sub yang lebih spesifik dijelaskan dalam video, antara lain layanan sistem operasi, user interface sistem operasi, sistem call, tipe sistem call, sistem program, design dan implementasi sistem operasi, struktur sistem operasi, mesin virtual, generasi sistem operasi dan boot sistem.

Dalam pembahasan layanan sistem operasi pembicara menjelaskan bahwa sistem operasi menyediakan layanan untuk pengguna sehingga dapat melakukan pemrograman dengan mudah seperti user interface yang berupa GUI (Graphical User Interface) atau CLI (Command Line Interface). Selain itu dapat berupa eksekusi program, operasi-operasi i/o, manipulasi sistem file, komunikasi, mendeteksi kesalahan, mengalokasikan sumber daya, akutansi, dan proteksi terhadap sistem operasi. Dalam pembahasan user interface sistem operasi pembicara menjelaskan perbedaan GUI dan CLI. GUI merupakan antarmuka sistem operasi yang menggunakan menu grafis sedangkan CLI merupakan antarmuka pada sistem operasi dengan menggunakan menu baris perintah atau text.

Selanjutnya pembicara menjelaskan tentang sistem call. System call adalah tata cara pemanggilan di program aplikasi untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh sistem operasi. System call berupa rutin sistem operasi untuk keperluan tertentu yang spesifik. Sistem call dapat ditulis dengan bahasa C atau C++. Biasanya sistem call diakses melalui aplikasi tingkat tinggi yaitu seperti Application Programming Interface (API). Pembicara juga menjelaskan mengenai contoh sistem call dan implementasi dari sistem call itu sendiri. Selain itu sistem call terdapat beberapa tipe yaitu kontrol proses, manajemen file, manajemen device, pemeliharaan informasi dan komunikasi. Setelah itu dijelaskan tentang sistem program yang menyediakan lingkungan yang nyaman untuk pengembangan dan eksekusi program. Kebanyakan pengguna melihat sistem operasi yang didefinisikan oleh sistem program dan bukan dari sistem call. Selain itu dalam sistem program dapat dibagi menjadi beberapa kategori, seperti manajemen file, status informasi, modifikasi file, bahasa pemrograman yang mendukung, pemanggilan dan eksekusi program dan komunikasi.

Pembahasan selanjutnya mengenai design dan implementasi dari sistem operasi. Desain dan implementasi merupakan pendekatan yang terbukti sukses untuk menentukan tujuan, spesifikasi dan kebutuhan sistem. Kebutuhan sistem terdiri dari user goal dan system goalUser menginginkan sistem yang nyaman digunakan, mudah dipelajari, dapat diandalkan, aman dan cepat. Sedangkan untuk system goals sistem operasi sebaiknya dapat diimplementasikan dengan mudah, fleksibel, dapat dipercaya, bebas error dan efisien. Kemudian dijelaskan tentang struktur sistem operasi. Dijelaskan beberapa struktur sistem operasi yaitu simple struktur seperti MS-DOS dan struktur pendekatan terlapis seperti UNIX, struktur sistem mikrokernel dan struktur Mac OS X. Simple struktur merupakan sistem operasi yang sangat kecil, sederhana dan memiliki banyak keterbatasan. Sistem operasi tersebut terbatas pada perangkat keras sehingga tidak terbagi menjadi modul-modul. Salah satu contoh sistem tersebut adalah MS-DOS. Sedangkan struktur pendekatan terlapis pada dasarnya dibuat dengan menggunakan pendekatan top-down, semua fungsi ditentukan dan dibagi menjadi komponen-komponen. Modularisasi sistem dilakukan dengan cara memecah sistem operasi menajdi beberapa lapis (tingkat). Lapisan terendah (layer 0) adalah perangkat keras dan lapisan teratas (layer N) adalah user interface.

Kemudian dijelaskan tentang mesin virtual. Konsep dasar dari mesin virtual ini tidak jauh berbeda dengan pendekatan terlapis, hanya saja konsep ini memberikan sedikit tambahan berupa antarmuka yang menghubungkan perangkat keras dengan kernel untuk tiap-tiap proses. Mesin virtual menyediakan antar muka yang identik untuk perangkat keras yang ada. Sistem operasi membuat ilusi untuk beberapa proses, masing-masing mengeksekusi prosessor untuk memori (virtual) masing-masing. Selanjutnya dibahas mengenai generasi sistem operasi. Pada pembahasan ini dijelaskan mengenai booting dan bootstrap program. Booting merupakan hal dilakukan ketika memulai komputer dengan me-load kernel. Sedangkan bootstrap program merupakan kode yang tersimpan dalam ROM yang mampu menemukan kernel, load ke memori dan mulai eksekusi. Kedua hal tersebut juga termasuk ke dalam boot sistem.

Penjelasan yang diberikan oleh pembicara dalam video sudah cukup jelas. Selain itu dari penjelasan tersebut dapat membuat penonton mengerti materi yang dijelaskan. Video tersebut dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang tidak hadir di kelas atau belum terlalu memahami penjelasan yang diberikan dosen di kelas. Namun video tersebut memiliki kekurangan yaitu terlalu statis atau monoton. Tampilan yang diberikan hanya slide bahan ajar dan pembicara terlalu banyak bercerita tanpa menjelaskan melalui gambar. Sebaiknya dapat ditambahkan gambar yang lebih banyak atau penjelasan di papan tulis dalam video ini, agar tidak membosankan.

Ulasan ini dibuat oleh :
Nadia Nur Annisa (https://github.com/nadianurannisa

URL Ulasan 1 terdapat dalam blog :

Video yang di ulas berdurasi 69 menit 19 detik dapat diakses melalui URL :

Tanggal submisi revisi pertama adalah 7 Desember 2016 sedangkan tanggal submisi revisi terakhir adalah 7 Desember 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar